Kamis, 29 Mei 2008

Tangis Nabi SAW untuk mush’ab bin umair

Nabi SAW mencintai para sahabatnya, menyayangi dan mengasihi mereka.Ketika beliau melihat kondisi mush’ab dan kemiskinan yang menimpanya dibanding ketika ia belum masuk islam dan hidup dalam deadaan yang berkecukupan. Melihat itu, nabi menangisinya.

Ali r.a menceritakan peristiwa ini. Ia menuturkan, “Suatu hari kami duduk – duduk bersama Rosulullah SAW di Masjid. Tiba – tiba muncul Mush’ab bin Umair.Tidak ada yang beliau pakai kecuali selimut hitam yang penuh tambalan. Ketika Nabi SAW melihatnya, beliau menangis. Ia membandingkan ketika Mush’ab berkecukupan dahulu dengan kondisinya sekarang. Lalu Rosulullah SAW bersabda,

“Bagaimana jika diantara kalian pada pagi hari sudah tersedia pakaian, juga diwaktu petang lalu diletakkan dihadapannya hidangan lezat. Setelah itu, hidangan itu diangkat kembali. Lalu kalian tutupi rumah kalian seperti ka’bah yang ditutupi kain?”

Para sahabat menjawab,

“Wahai Rosulullah SAW. Pada saat itu, kami lebih baik dari sekarang sebab bisa beribadah dengan tenang dan tidak sibuk mencari kebutuhan hidup”.

Rosulullah bersabda,

“Tidak! kalian saat ini lebih baik daripada saat itu.”

(H.R At-Tirmidzi No 2478)

Sumber:
(Air Mata orang – orang shalih hal 63)

Tidak ada komentar: